Rabu, 13 April 2011

CAPASITOR BANK

CAPASITOR BANK ato biasa di sebut CAPBANK adalah kumpulan komponen capasitor sebagai penyimpan arus sementara.Di dunia otomotif capasitor bank ini sangat di kenal di kalangan audio karena ketangguhanya dalam mendongkrak dentuman bass/nada rendah.Tapi di dunia motor banyak yang memakai untuk mencegah aki tekor.Fungsi sebenarnya bukan mencegah aki tekor sih,yang betul untuk meratakan arus DC yang keluar dari kiprok,karena tegangan dc yang keluar dari kiprok belum murni alias masih mengandung ripple.


Maka jika kita memasang capasitor bank di motor lampu2 seperti rem,sein,spido akan menjadi lebih stabil meskipun aki soak.Tapi Fungsi sebenarnya di motor adalah untuk mendongkrak beban yang nyedot arus besar dalam sesaat saja seperti elektrik starter,klakson gede.Itupun tergantung dari nilai capasitor itu sendiri.
Cara mudah dan murah membuat capasitor bank sendiri yaitu beli capasitor ato nama umumnya ELCO 10.000uF/25V 10pcs, PCB bolong, kabel minim awg18 2 warna(merah dan hitam)50cm dan skun di toko elektronik.Pararel semua ELCO,positif ketemu positif,negatif ketemu negatif di papan pcb.solder yang rapi dan kasih kabel di masing2 kutubnya.Perkiraan harga sekitar 125rb Anda memiliki CAPBANK senilai 100.000uF.Jauh lebih hemat di banding membeli di pasaran dengan harga 150rb paling2 isinya hanya kisaran 10-30K uF saja.
SELAMAT MENCOBA !!!!

11 komentar:

  1. mangtavv..boleh d coba nihh..

    thx agan hokiedokie

    BalasHapus
  2. maw nanya gan,,,terus cara aplikasinya pada rankaiannya gmn..lok ad skema...thanx a lot

    BalasHapus
  3. Mas kalo pasang hid kena brapa harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang 250rb ada juga yang 350rb,tinggal sesuaikan bugdet

      Hapus
  4. Kalau volt nya lebih dari 25 volt boleh gak tuh? Apa pengaruhnya kalau volt nya gede?

    BalasHapus
  5. ga apa2 cuman bodynya makin besar,kurang efektif tempat

    BalasHapus
  6. Kalau buat motor king bisa gk bos.

    BalasHapus
  7. Sekedar share..
    Kalo 125rb dapet elko total 100.000uF bisa dipastikan elkonya abal2. Bedah aja, didalemnya paling elko kecil bonus lilin atau aspal :)

    BalasHapus