Sabtu, 21 Maret 2015

Cara cek Pengisian Motor

Aki Motor dan Mobil Tekor terus? Bingung membedakan Aki Rusak atau Tekor? Baca tips di Bawah.

Hai para sobat Bikers, Kali ini saya mau kasih sedikit tips cara mengecek normal ga sih pengisian di sepeda motor kita? Cara ini bisa di praktekan untuk semua motor apapun karena standart kerja listrik sepeda motor sama.Dan sebenernya bisa juga di praktekan buat ke mobil yang menggunakan aki 12V.
Tips ini wajib di miliki bagi para bikers yang memang suka dengan modifikasi motor dimana kelistrikan sudah di luar standart, misal upgrade lampu, kelistrikan, kiprok atau naik stroke yang menuntut aki lebih gede amperenya.
Ada beberapa cara dari mulai yang sederhana sampai dengan alat yang standart. Tentu saja tingkat ke akurasianya beda-beda, pada intinya sih supaya kita bisa membedakan bagian manakah yang bermasalah.Kebayang kan kalo kita salah analisa terus salah beli spare part....? aduh sakitnya tuh di sini...beli barang baru tapi masalah ga berubah, ujungnya buang-buang duit aj.
Oke langsung saja, cara pertama :
Bagi motor yang menggunakan pengapian dc alias cdi dc tanpa alat kita bisa mengetahui pengisian bekerja atau tidak. cukup kita nyalakan mesin lalu cabut sekring atau salah satu kabel aki. Saya saranin cabut yang kabel massa aja,biar lebih aman. Liat reaksinya jika mesin langsung mati maka bisa di pastikan pengisian motor sedang bermasalah. Maka jangan aki nya yang kita ganti,tetapi motornya yang harus di benerin..Cara ini tidak berlaku di motor cdi AC dan motor injeksi yamaha keluaran 2013-201 dan motor injeksi suzuki.
Terus bagaimana dengan motor cdi AC ? kalo ini indikatornya bukan mesin tapi lampu sen,rem dan klakson. jika ketiga komponen tadi ga berfungsi saat trik tadi di coba maka pengisian bermasalah.
Anda penasaran dengan trik ini? silahkan praktek di rumah. Maka anda akan bertambah 1 ilmu kelistrikan motor.
Cara Kedua :
Menggunakan Voltmeter. Cara ini bisa ke semua Motor dan Mobil, Bagi Anda yang mau buka usaha jual beli Aki minimal wajib menguasai ilmu ini. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara menghubungkan alat Volt meter ke kutub aki positif dan negatif. lalu hidupkan mesin. yang perlu di catat adalah sebagai berikut:
Mesin off normalnya tegangan antara 12,4V - 13V, jika di bawah 12V mungkin aki lowbatt,bisa juga soak.
Mesin On Tegangan harus > pada saat mesin off dan < 15V. Jika tidak mau naik berarti pengisian bermasalah, tapi jika naiknya melebihi 15V maka pengisian di sebut Over charge( Kiprok rusak).
Kekurangan trik ini adalah harus beli voltmeter. Kisaran harga mulai 50rb - 5jt an ada di pasaran.
Cara Ketiga:
Menggunakan Amperemeter. Ini adalah cara paling akurat dan favorit saya, dan bisa di katakan jurus pamungkas saya jika cara 1 dan 2 masih menemukan keraguan. Cara ini sekaligus bisa membuktikan Aki Soak atau cuman Lowbatt saja. Banyak lho oknum penjual aki yang curang memanfaatkan aki lowBatt di bilang Soak supaya meraup keuntungan gede karena orang awam banyak yang ga tau.
langkahnya hidupkan mesin, lalu lepas salah satu kabel aki terus hubungkan Amperemeter secara seri.(jika Amperemeter berbentuk Clamp maka tinggal di cantolin aja ke salah satu kabel aki). semua beban di hidupkan Lalu kita baca Ampere mulai dari rpm rendah sampai tinggi, jika Ampere surplus pengisian fit, jika minus maka pengiisian tekor. Cara ini tidak saya jelaskan secara detail karena hanya di perlukan bagi profesional kelistrikan yang minimal harus menguasai kelistrikan dasar terlebih dahulu. Jika anda butuh bisa menghubungi saya lebih lanjut.
Terimakasih itulah trik dasar cek kelistrikan Motor. Untuk tips dan Trik lainya silahkan baca artikel saya lainya.

22 komentar:

  1. mas mau tanya, kalo arah kerusakan pengisian bermasalah itu gimana ya ? soalnya motor saya ninja 250 ketika mesin ON, voltase turun terus sampai mesin mati voltase tinggal 8 volt

    BalasHapus
  2. Om... Saya ada maslah di pengisian .
    Voltase pengisian sy tdk bekerja, alias tetep 12 V saat rpm naik. Sblmny sy smpat salah masang aki n konslet.
    Trus, tolong pnjlsan lbh rinci di cara pemeriksaan ampere di langkah yg ke 3.

    BalasHapus
  3. om saya mau mau nanya ni ninja saya tahun 2012 ninja saya masalah dengan aki bos
    aki saya da ganti baru tapi baru 1'hari da soak lagi batre nya padahal aku baru & skring nya juga nggak ada yang putus om

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek kiprok dan spul nya om......motor saya juga seperti itu tapi udah ga lagi semenjak ganti kiprok dan spulnya...biasanya spulnya udah gosong di beberapa bagian....

      Hapus
  4. Jika saat mesin d hidupin AVO nunjukin angka 14,65-78 termasuk normal nggak Bang?

    BalasHapus
  5. Jika saat mesin d hidupin AVO nunjukin angka 14,65-78 termasuk normal nggak Bang?

    BalasHapus
  6. Saya punya aki motor . Saat sepeda motor tidak saya hidupkan selama 4 hari , tegangan langsung drop ... dan kata tukang aki rusak harus di ganti .. tetapi setelah saya pake motor nya .. aki terisi kembali .... cma kalau di simpen lebih dari 2 hari tegangan drop lagi ... itu kenapa ya
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Numpang tnya om. Kemaren motor saya tiba2 ga bisa starter sperti aki soak. Stelah saya cas dan tes voltage nya kisaran 12.3 v. Pas saya pasang balik ttap gabisa start. Kira2 apa ya om . Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kabel kabel mas mungkin ada yang putus atau konslet

      Hapus
  8. Numpang nanya om, saya punya NVL, pengisian bermasalah, sudah ganti kiprok tiger sama spull, tetapi terjyata pemasangan kiprok yanh bermasalah. Kabel spull meleleh, dan lengket sama kabel massa, gmna itu om? Apa akan merusak spull lagi?

    BalasHapus
  9. Mau nanya om motor cb100 ane akinya kok selalu tekor ya padahal kiprok dah baru spull juga keluar setrumnya mohon solusinya pengapian pake cdi shogun kebo

    BalasHapus
  10. Gan syh mau tanya aki tekor terus ,arus pengisian dari kiprok bagus ada arus tapi ke aki GK mau ngisi

    BalasHapus
  11. Mas maf ni mau nanya masalag pengapian motor mio saya mio soul itu kan awal nya kabl body nya tu acur nah langsung saya perbaiki tpi gak normal jdi acu nya itu gampang tekor mas.malah saya perna coba aki bagus.langsung hanya kuat nyape 2 hari langsung droop.nah yang ingin saya tau itu masalh nya apa ya

    BalasHapus
  12. Mohon bantuan nya mas kadang aki nya itu panas mas bru di pasang pun beberapa menit langsung panas apa nya tu yang bermasalah?

    BalasHapus
  13. Bos ijin nanya, sistem kelistrikan mtr megapro primus sy kadang tdk stabil, stop kontak ON diklakson bunyi nya sember, pas mesin nyala apalagi di gas bunyi klakson keras, sama halnya dgn lampu penerangan. Sy cek kiprok ada arusnya-dipegang ya hangat, spul juga ada, aki gk masalah. Apanya ya ...mohon saran.
    Trims

    BalasHapus
  14. mau tanya mas,sepeda saya Honda fitS,jika mesin hidup stasioner voltasenya 12,3 vol,saat mesin hidup di gas/putaran tinggi voltase turun menjadi 8 vol.
    bagaimana cara mengatasinya?

    BalasHapus
  15. Mas mau tanya kalau uotput kiprok berapa volt kalau tidak di isi aki ? Trimakasi

    BalasHapus