Sabtu, 28 Maret 2015

Cara Gulung Ulang Spul Motor

Teori Spul Motor, Gulung ulang Motor, Macam- macam Spul Motor. www.tokohid.com

Taukah anda tentang Spul Motor? Spul Motor adalah PLN nya sepeda motor. Tanpa adanya spul maka motor akan kehabisan listrik. Ada juga sih motor yang ga menggunakan spul,tapi hanya khusus dalam pemakaianya misalnya buat balap dan sejenisnya.
Spul Motor dari fungsinya ada 2 macam yaitu spul pengapian(CDI) dan spul pengisian(Kiprok)
Yang akan saya bahas adalah spul pengisian, dari jenisnya di bagi menjadi 3 yaitu spul halfwave, spul fullwave dan spul 3 phase.
Untuk motor-motor low clas rata-rata menggunakan spul halfwave jumlah kern 5-12,cirinya terangnya lampu mengikuti putaran gas.
Motor kelas menengah rata-rata sistem Fullwave 1 phase jumlah kern 8-12, lampu utama sudah bisa nyala manteng tidak tergantung putaran mesin. tetpi lampu dayanya masih kecil sekitar 35w.
Motor High class rata-rata sistem spul 3 Phase jumlah kern 18, Lampu nyala manteng dan mampu menggunakan daya besar di atas 55w.
Kerusakan pada spul Motor akan terlihat kasat mata, biasanya akan terlihat gosong. pada salah satu atau lebih pada kern nya.
Solusinya hanya ada 2 cara yaitu ganti baru atau gulung ulang.
cara menggulung bisa mengikuti lilitan aslinya, tetapi jika aslinya sudah tidak terdeteksi,maka bisa menggunakan cara berikut. untuk spul halfwave dan 1 phase caranya adalah melilit secara bolak-balik masing-masing kern, misal kern pertama searah jarum jam maka kern kedua berlawanan arah jarum jam.
untuk spul 3 phase ini agak khusus, ada yang gulung searah loncat tiap 3 kern, ada juga yang lilit bolak-balik setiap 3 kern.
Untuk jumlah lilitan masing-masing kern sebetulnya bebas,tapi semaksimal mungkin. Untuk diameter kawat lebih baik di perbesar,supaya lebih awet.
Sekian tips dan trik dari saya kali ini, baca artikel saya tentang tips dan trik yang lainya.

23 komentar:

  1. om mau tanya, motor saya athlete sudah lama fullwave dc, dan dulu sudah gulung ulang spul dgn kawat yg tebal di tempat mas. Pertanyaannya knp motor saya mesin nyala dibebankan lampu senja (led) dan lampu utama (led 6 sisi low beam tdk sampai 35w) itu voltase terus turun, kadang menyentuh 11.7 yg menyebabkan led 6 sisi saya berkedip.
    kondisi aki baru, kiprok tiger jg br 3 bulan, lampu sein full led, lampu indikator 95% led. thx sblmnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk itu ditambah lilitan kumparannya. misalnya sebelumnya 10 lilitan ditambah jadi 12 lilitan

      Hapus
  2. Teorinya gmn om...apakah semakin banyak lilitan semakin terang lampunya...mohon dibahas...terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak.. lilitan berfungsi untuk menambah tegangan.. kalau diameter kawat tembaga berfungsi untuk menambah arus

      Hapus
  3. Teorinya gmn om...apakah semakin banyak lilitan semakin terang lampunya...mohon dibahas...terimakasih

    BalasHapus
  4. Gan kalo buat gulungan baru kenapa berapa harganya

    BalasHapus
  5. Gan kalo buat gulungan baru kenapa berapa harganya

    BalasHapus
  6. Gan jumlah lilitan per poll brapa untuk motor megapro

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. setiap 1 kern biasa nya sampai 5 lilitan itupun tergantung tebal kawat nya kalo belum 50 udah penuh berarti ukuran kawat kegedean, makin banyak lilitan makin gede listrik nya, tapi makin gede ruang lilitan makin kurang, jd di sesuaikan dengan keadaan,,, kalo bisa finishing di varnish isolator biar awet...

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. mau tanya ni mas, kalo arus yang keluar misalkan saat langsam itu brpa vol?

    BalasHapus
  12. Mau nanya nih mas .. motor beat karbu spull saya konslet .. lalu saya lilit ulang . Nah setelah saya lilit ulang sama yang tembaga nya agak tebel . Kok listrik nya gak sampe ke cdi yah . Setelah saya coba pake accu nyala .. tetapi setelah di lepas acu nya mati . Nah dulu waktu saya beli itu spull di dealer honda langsung cek gur .. saya coba fullwave eh malah makin kecil tuh listrik .terus saya coba buat joget2 sendiri eh malah di katain org gila .. solusin nya berapa mas
    .eh salah maksudnya solusi nya gimana . Jawab lah jangan di pelong mulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Permasalahannya persis dengan yg saya alami sekarang, setelah saya check, ternyata bagian spull charging telah konslet/aus, solusinya mau gag mau harus di gulung ulang spullnya biar kelar permasalahannya,,

      Hapus
  13. Arif hidayat .. kamu coba deh liat kiprok bawaan nya .. barang kali kiproknya atau kalo itu kedip2 lampu coba cek plaser barang kali udah aus .. atau coba di kiprok .. buat yang massa nya tambahin kabel apa aja .. buat nyumpel yang ke kiproknya . Bisa juga kabel lampu yang warna kuning nya menuju kiprok di pasang kabel lalu di kemasain .. atau bisa juga ganti kunci

    BalasHapus
  14. Atau mas arif coba liat pengisian ke aki nya .. ada apa engga listriknya .. coba juga lepas aki lalu nyalain mesin nya tanpa aki .. nyala gak .. kalo nyala berarty spull bagus .. kalo mati berarty sepull nya ajja tuh harus di lem biru alias lempar beli yang baru .. liat juga kalo tembaga nya ketebelan .. nah kan amper nya bakalan jadi kecil . Sedangkan volt nya mungkin akan makin gede .. cuman kalo ngelilitnya sedikit dari yang semestinya lah ya gak bakal ngaruh malahan bakal tambah jelek tuh keluar listriknya ..di coba aja dulu tuh .. kalo berhasil . Ucapkan terimakasih dalam hati mas arif ke saya .. wendi septiawan ok

    BalasHapus
  15. Sy ingin gulung pull fly 125 di mana ya gan tempatnya

    BalasHapus
  16. Mas kalo ngubah spul pengisian 5v menjadi 12 v bisa? Klo bisa sampek brapa ya?

    BalasHapus
  17. Cara rubah spull beat kartu. Jadi hanya pengisian nya aja yg buat penerangan di cabut. Gmn cara nya

    BalasHapus
  18. Gan saya kan mau gulung ulang sepul jupiter z dan mau dirubah fullwave nah itu keren kan jumpahnya 12 jika saya tidak dengan loncatan 3 keren tapi menggunakan loncatan 2 keren searah jarum jam apa bisa betfungsi itu sepul, mohon pencerahannya 🙏🙏🙏 mohon bls.

    BalasHapus

  19. Mas mau nanya saya udah gulung spull glmax neotech sistem halfwave dan hasilnya untuk mesin hidup ,cuma kabel coilnya harus ada jarak 1,5 cm baru hidup mesinnya ,bagaimana cara menstabilkan atau jadi normal...

    BalasHapus
  20. Mau tanya kalau ngelilit spull Fulleave mulai nya dari arah masa dulu atau dari setrum dulu

    BalasHapus