Rabu, 25 Maret 2015

Cara Membuat Lampu Kendaraan Terang

Lampu mobil kurang terang?  Motor anda sudah DC tapi lampu kurang Maksimal ? Ketika gas Turun ikut Redup Parah ? www.tokohid.com

Bagi yang memiliki Mobil atau  motor yang  kelistrikan DC bisa mencoba beberapa tips di bawah agar Lampu Motor bisa menyala lebih maksimal. terkadang ada yang sudah memperbesar daya lampu sampai 100w tapi kok kurang terang ya?
Pertama kita harus pastikan reflektor bersih, masih mengkilat dan mika bening. Jika banyak debu bisa di cuci dengan air sabun lalu di keringkan atau semprot dengan kompresor. Jika sudah ngelupas chrome nya bisa di service atau di ganti baru.
Kedua pilih lampu yang bagus, titik fokus bagus. karena ada lampu yang kawat filament nya berantakan ga fokus.
ketiga kita sempurnakan instalasi listriknya dengan cara memasang relay. Dalam pemasangan relay tidak boleh ngawur, ini saya tulis karena saya sering menemukan kasus pemasangan relay yang ngawur.
fungsi relay adalah pemindah daya jadi pastikan beban sudah berpindah ke relay. dan saklar utama hanya berfungsi menghidupkan relay saja.
Gambar di bawah bisa menjelaskan ilustrasi perbedaan pemakaian relay.

Bagian atas beban di tanggung oleh saklar sedangkan gambar bawah beban di tanggung oleh relay. Dari gambar teori dasar di atas bisa kita kembangkan untuk relay lampu motor ataupun mobil seperti gambar di bawah.

Kenapa dengan memasang relay seperti gambar di atas lampu bisa tambah terang? Listrik itu butuh penghantar yaitu kabel. Kualitas penghantar ini di pengaruhi oleh panjang dan besarnya. semakin besar makin bags,makin pendek makin bagus. Ibaratnya kita memasang relay itu seperti membuat jalan tol khusus. sehingga listrik cepat sampainya dan tidak drop.
Sekian tip lampu dari saya semoga bermanfaat. baca juga artikel saya yang lainya.

1 komentar: