Jumat, 27 Maret 2015

Cara mencari kerusakan pada Lampu Hid

Punya Lampu Hid sedang Rusak, mau memperbaiki ga tau caranya ? www.tokohid.com

Halo agan para pemakai lampu Hid, Saya akan membagikan tips cara mengetahui atau mencari kerusakan pada Lampu Hid. Hid motor maupun Mobil sama aj gan, cara tes nya sama.
Oke langsung saja ya gan, ada beberapa ciri kerusakan pada Lampu Hid. Mulai mati total, rusak kedip-kedip bentar trus mati, ada juga yang nyala beberapa menit trus mati dan lain-lain.
Pertama kita harus tau dulu bagian -bagian Lampu Hid dan fungsinya
Kabel set berfungsi sebagai control on/off Lampu Hid sekaligus control buat High dan Low.
Ballast Hid berfungsi sebagai penaik tegangan agar terjadi loncatan tegangan di dalam bulb Hid. Loncatan api inilah yang akan memanaskan gas xenon sehingga menghasilkan cahaya yang terang.
Bulb Hid berisi gas xenon yang akan menghasilkan cahaya .
Setelah kita tau part-part Hid lalu Bagaimana ciri-ciri kerusaan masing-masing part?
Pertama kabel set, kerusakan pada part ini Lampu Hid akan mati total,saat di tekan tombol high low lampu masih mau bekerja naik turun.cara tesnya bisa kita suntik kabel yang menuju ballast lalu kita hubungkan langsung ke aki,jika Lampu Hid nyala brarti kabel set rusak.
Kedua Ballast Hid, Kerusakan pada part ini sama seperti poin pertama, bedanya setelah di suntik Lampu Hid tetap ga nyala. Terkadang juga nyala tapi cuman kayak kilat saja.
Ketiga Bulb Hid, Kerusakan pada part ini biasanya keluar bunyi krik,atau semacam suara listrik loncat,Terkadang ada juga yang nyala ngdip-ngedip aj. Termasuk nyala beberapa menit mati lagi.
Setelah mengetahui kerusakan masing-masing part maka bisa di lakukan penggantian part yang rusak.
Sekian Tips dan trik kali ini semoga bermanfaat. Terimakasih

3 komentar:

  1. Apakah ballast hid mobil (h11), sama tidak dengan ballast hid motor?soalnya hid saya mati sebelah.terima kasih.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Makasih tips nya gan,
    Tp sy telah mengecek semuanya, pertama emang si kabel set + lampu nya yg rusak & sy sudah ganti. Di test dan hasil nya menyala. Tp tidak lama ketika sy mau mencoba nya lg tiba" mati tp terkadang saat d coba LG menyala & sampe skrng masih mati. Tp Padaa saat menyalakan ada bunyi listrik apa i5u berarti balast sy yg rusak?

    BalasHapus