Senin, 23 Maret 2015

Tips Memilih Aki Kendaraan

Memilih Aki, Merk Aki yang Bagus, Perawatan Aki atau Ilmu Aki Motor. www.tokohid.com

Saya perhatikan beberapa tahun terakhir ini banyak para penjual Aki karena memang peluang yang sangat besar. Mulai dari merk yang berjibun, variasi tambahan dan pilihan kapasitas Ampere. Yang akan saya bahas adalah seputar aki di Kendaraan. Berbeda dengan UPS, atau buat motor listrik dll.
Teori dasar
Fungsi utama Aki di motor adalah untuk menghidupkan motor menggunakan Elektrik Starter.
Fungsi turunanya sebagai back up tegangan untuk part kelistrikan lain supaya lebih sempurna, seperti klakson,sen,lampu dll. Dan juga sebagai Filter ripple gelombang ac dari kiprok supaya menjadi tegangan DC murni.
Karena Fungsi utama tadi maka kita harus  mengenal namaya CCA(Cold Cranking Ampere). Karena faktor inilah yang paling berpengaruh. Pengertian umumnya CCA adalah kemampuan Aki mengeluarkan Arus secara tiba-tiba. Karena saat kita starter motor si aki di paksa untuk mengeluarkan arus sekitar 40 ampere. kalau arti sebenernya adalah Penguukuran Ampere Accu lead-acid pada suhu 0 F tau sekitar 18 C selama 30 detik dan tidak boleh drop sampai 7,2 Volt. Makin tinggi CCA suatu aki kendaraan makin bagus dan tentunya makin mahal. Sayangnya besaran CCA ini tidak di cantumkan di spek body aki, kita harus cari di web resmi pabriknya.
Jadi mulai sekarang jangan hanya terpaku dengan kapasitas ampere dan harga saja.
Tips selanjutnya pilih kepala aki yang bagus karena adanya faktor CCA ini. Pilih yang bahan dari timah supaya hantaran listrik bagus. kalau yang kepala tipis lebih cocok buat UPS dll.
Trus bagaimana dengan kapasitas Ampere, dan Cara menentukan Ampere yang sesuai ?
Saran dari saya pilih yang sesuai kebutuhan. Jika motor masih standart untuk mesin di bawah 150cc pake aki 3,5AH sudah cukup. Untuk mesin cc gede ya ikutin standart pabriknya saja. kenapa saya pake patokan cc mesin? baca fungsi utama diatas. dan saya sudah buktikan di nouvo aki aslinya 7AH saya ganti dengan 3,5AH berjalan setahun tidak ada kendala apapun.
Trus bagaimana jika kita gedein kapasitas aki ?
Boleh saja, dengan pertimbangan tidak mengganggu tempat/posisi. jika harus merubah posisi jadi tidur,terbalik atau pindah tempat dengan cara memperpanjang kabel saya bilang jangan !!!
Buat apa di gedein jika merugikan. Umur pakai sama,harga lebih mahal,fungsi sama.
Terakhir untuk Merk Aki saya tidak bisa sebut, saran saya pilih yang sudah terbukti dan teruji di banyak motor. Dan kita harus lebih jeli dalam membeli,khusus aki MF yang sudah terisi elektrolit hindari stok yang terlalu lama di toko .karena akan mengurangi umur pakai nantinya.
Sekian tips dari saya semoga bermanfaat  dan silahkan di share. Baca tips dan trik artikel saya yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar